21 Juli 2010

Build New Brand


Sebelum menentukan jumlah merek yang akan dimiliki, perusahaan perlu mengetahui segmen pasar yang akan di masukinya. Ada beberapa hal yang perlu di pertimbangkan dalam membangun merek diantaranya :
1. Seberepa besar ukuran pasarnya? Besarkah? Atau cukup besar?
Tapi itu semua juga tergantung kepada perusahaan sendiri, apakah ingin menggarap pasasr yang besar atau pasar yang kecil tapi menguntungkan.
2. Seberapa besar pertumbuhan segemen tersebut?
3. Bagaimana situasi persaingan di segmen pasar tersebut? Berapa banyak pesaing disana? Siapa saja yang ikut berkompetisi? Dan bagaimana market share untuk masing-masing perusahaan? Adakah yang paling dominan?
Untuk nomor tiga ini, kita harus jeli dalam melakukan analisinya dalam hal kekuatan dan kelemahan lawan untuk bidang modal, teknologi dan sumber daya manusianya.
4. Bagaiman keunggulan bersaing anda?
Disini anda mengukur kekuatan sendiri dibandingkan pemain yang sudah ada. Dalam hal ini sebaiknya anda juga berpikir dari segi konsumen bagaiman penilaian konsumen terhadap anda sebagai pemain baru?
Oleh karena itu anda menganalisis apakah memang kekuatan anda memang benar-benar menjadi kekuatan di benak konsumen?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar