27 Juli 2010

9 Amalan yang Bisa Menyebabkan Datangnya Rizki



Walaupun sekaran dijakarta makin banyak gedung-gedung tinggi, bukan berarti orang Jakarta sudah tidak ada yang susah lagi, coba kita lihat ke daerah-daerah kumuh di Jakarta. Masih banyak bukan? Masih banyak orang mencuri, merampok, bahkan sampai membunuh demi menghidupi diri sendiri dan keluarganya, masih banyak anak-anak Indonesia yang gizi buruk dll. Kenapa itu semua bisa terjadi, mungkin kalo kita kebanyakan nonton televisi mengenai berita bahwa korupsi dimana-mana, maka kita akan berpikiran bahwa orang-orang diataas sanalah yang salah, pake korupsi segala. Hehehe.. apalagi saat ini saya semakin benci saja jika ada orang yang nonton salah satu program tv yang membuat orang berantem mulu.. alasannya satu, debat.. hwahahaha..
Tapi coba kita renungkan sejenak, sebenarnya salah siapa sih, kok sampai saat ini kebutuhan kita masih kurang terus. Mungkin ada yang salah dari diri kita, apakah kita kurang kerja keras, kurang kreatif atau apa? Atau mungkin kita kurang dekat kepadaNya? Sehingga kita belum diberikan apa yang kita inginkan disebabkan kita belum mengabulkan apa yang dia inginkan.
Berikut ini adalah 9 amalan yang bisa mendatangkan rizki kepada kita :
1. Memperbanyak Istigfar Kepada Allah SWT
Banyak hadist yang menerangkan bahwa dengan istigfar kebutuhan kita akan dicukupi oleh allah, salah satunya hadist ini :
مَنْ اَكْثَرَ مِنَ الْاِسْتِغْفَارِ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجاً وَمِنْ كُلِّ ضِيْقٍ مَخْرَجاً وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبْ. رواه احمد
“ Barang siapa yang memperbanyak minta ampun kepada allah dengan membaca kalimat Istigfar maka allah menjadikan bagi orang tersebut pada tiap kesusahan jalan keluar, pada setiap kesempitan ada jalan keluar dan diberi rizki yang tidak disangka-sangka.”
2. Memperbanyak Infaq didalam Sabilillah
Ingat ya, Infaq disini bukanlah Iuran faksa seperti di Rt, hehehe.. tapi sodakoh yang kita berikan kepada sabilillah (jalannya allah) seperti membantu membangun rumah ibadah, teman atau kerabat yang lebih tidak mampu, dll. Kalo boleh saya bilang, infaq ini adalah suatu kewajiban kita dan juga investasi yang paling menguntungkan. Kenapa? Ini alasannya :
a. Kewajiban kita :
لَينْ شَكَرْتُمْ لَاَزِدَنَّ كُمْ وَلينْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَبِ لَشَدِ يْد. سوراه ابراهيم ٧
“ Niscaya Jika kalian syukur terhadap nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh allah, maka allah akan menambahnya, Dan apabila kalian tidak bersyukur terhadap nikmat yang telah allah berikan maka kalian akan disiksa dengan siksaan yang sangat”
b. Investasi yang paling menguntungkan
مَثَلُ الَّدِ ِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِي سَبِلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ.... الْبَقَرَةَ ٢٦١
Dalam surat al-baqarah ayat 261 diterangkan “ Adapun gambarannya orang-orang yang menginfaqan hartanya di dalam sabilillah sebagaimana dia menanam biji-bijian yang mana biji tersebut tumbuh menjadi 7 tangkai dan setiap tangkainya menumbuhkan 100 biji”
Nah kan, sekarang ketahuan penyebab kenapa orang kaya yang suka sedekah malah jauh tambah kaya bukan tambah miskin. Kenapa kita harus percaya, karena Allah lah yang member rizki kepada kita semua, sudah banyak bukti kok..
Satu lagi dalilnya..
وَمَا اَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْ إٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّزِقِيْنَ. سوراه سبأ ٣٩
“ Dan apa-apa yang kalian infaqan maka Allah akan menggantinya, dan Allah adalah dat yang sebaik-baiknya memberikan rizki”
Wah, dua dulu ya, ntar disambung lagi lain waktu.. Cobalah yang dua ini di praktekkan terlebih dahulu..

NB : Mohon ketika kita melakukan ini semua tetap hatinya diniatkan untuk mencari pahala dan surga darinya. Karena hal diatas ini hanyalah kefadolan. Aljzk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar