16 Juni 2010

Solusi Untuk Perusahaan ketika Menghadapi Krisis



Ketika resesi, banyak diantara kita khususnya para pengusaha, business department ataupun marketing department bingung harus berbuat apa ketika harga bahan baku naik, ingin menaikkan harga jelas bukan keputusan tepat, mau menggunakan harga lama tetapi ongkos produksi sudah naik, apalagi ditambah dengan para karyawan yang ingin naik gaji karena semua harga barang naik (pusing banget ya..).
Dengan artikel ini saya mencoba untuk mengingatkan lagi bahwa idola saya, Pak Hermawan Kartajaya dalam ebook Hermawan Kartajaya on Marketing Mix telah memberikan beberapa solusi. Berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan :
1. Price:
- Bundling price
- Subsidy pricing
- Diffeerentiated pricing
- Customized pricing
- Activity based pricing
2. Place :
- Discount store
- Penjualan secara banyak (like makro)
- Category killer (focus kepada satu produk di toko)
- Direct distribution
- Kurangi just in time logistic
- Direct marketing
- Multilevel marketing
3. Promosi:
- Advertorial (karna masyarakat sdh tidak percaya iklan)
- Inovasi produk
- Event publicity (pameran, company visit, pagelaran event,dll)
- Couponing discount (agar konsumen kembali lagi)
- Personal communication
- Word of Mouth
- Cooperative promotion (bareng-bareng promosinya, kayak bundling gitu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar